Penyerahan bantuan RITTA (Rumah Inti Tumbuh Tahan Gempa)





 

Prabumulih, 25 Agustus 2023


Mewakili Walikota Prabumulih H. Elman, ST, MM selaku Sekretaris Daerah Kota Prabumulih menerima langsung kedatangan dari Direktorat Material Perumahan Kementerian PUPR dan PT. Sarana Multigriya Finansial (Persero) dalam rangka Pencanangan Program Bantuan Rumah RITTA Rumah Inti Tumbuh Tahan Gempa) di Kota Prabumulih.


Penyerahan bantuan RITTA (Rumah Inti Tumbuh Tahan Gempa) diperuntukan bagi kelompok bepenghasilan rendah diantaranya Komunitas Pemulung, Disabilitas, Kuli Panggul, Sol sepatu, dan Tukang becak di Kota Prabumulih. Yang lebih membanggakan lagi bagi masyarakat Kota Prabumulih adalah tanggal 25 Agustus Tahun 2023 bertepatan dengan Hari Perumahan Nasional yang dalam hal ini dilakukan dengan Penyerahan Kunci Rumah Inti Tumbuh Tahan Gempa di Kota Prabumulih.

Penyerahan Bantuan RITTA diserahkan langsung oleh Direktur PT. SMF Ananda Wigoyo yand didampingi oleh Direktur Rumah Umum dan Komersil Ir. Fitrah Nur, M.Si, Direktur Rumah Swadaya Ir. K. M. Arsya, M. Sc.

Dalam Program RITTA, pihak Pemerintah
Kota Prabumulih akan menyiapkan tanah seluas dua hektar untuk lokasi pembangunan sekitar 100 unit rumah tahan gempa.

Rumah-rumah tersebut dibangun menggunakan teknologi Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) yang dikembangkan oleh Kementerian PUPR.

Pembangunan rumah tahan gempa RISHA yakni rumah inti tipe 18 yang bisa dikembangkan lagi dengan luas kavling 6 x 12 meter atau 72 meter persegi.

Saat disambangi H. Elman, ST, MM selaku Sekretaris Daerah Kota Prabumulih mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Dirjen Kementerian PUPR dan PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) atas bantuan program rumah RITTA ini.

"Tidak hanya bantuan dari Kementerian PUPR dan PT SMF, Pemkot Prabumulih juga ikut andil untuk pengembangan konsep program Rumah RITTA, misalnya untuk pengadaan jaringan gas, listrik, dan air. Nanti akan kita gandeng perusahaan BUMN seperti penyediaan gas dari Pertamina," bebernya.

Turut hadir Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan, Kepala OPD, Kabag, Camat Selatan dan Lurah Sukaraja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dinas PUPR Kota Prabumulih

DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG - KOTA PRABUMULIH

Pages